Panduan Bisnis UKM Sukses, Mungkin tidak pernah terpikir bisnis mikro atau UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia dengan skala kegiatan usaha kecil adalah penyumbang 60% PDB dan mampu menampung 97% tenaga kerja (sumber : wikipedia). Namun demikian, tidak jarang pengusaha bisnis mikro yang bahkan mengalami kerugian dikarenakan para pengusaha mikro kurang memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

1. Sering Bersikap Pasif

Jangan pernah beranggapan bahwa produk atau jasa Anda dapat terjual dengan sendirinya. Jalin relasi bisnis dengan pelanggan Anda.Ingat promosi terbaik adalah mulut ke mulut. Maksimalkan promosi usaha Anda melalui media sosial dan komunitas.

2. Laporan Keuangan

Susun laporan keuangan dengan baik. Hal ini penting dikarenakan seorang pengusaha wajib memahami kondisi keuangan perusahaannya sebagai dasar pengambilan keputusan bisnisnya.

3. Fokus Pada Satu atau Beberapa Produk Saja

Produk yang dirancang dan disiapkan sebaiknya dibuat untuk jangka panjang, sehingga para pelanggan akan terus mencarinya. Ada baiknya untuk tidak buru-buru mencari produk baru sebelum produk lama Anda berkembang sampai sempurna. Investasi modal akan jauh lebih punya arti pada perkembangan dan pertumbuhan usaha sebelumnya daripada investasi pada bisnis baru yang menyedot modal banyak dan belum tentu bisa tumbuh.

4. Buatlah Sistem dalam Bisnis Anda

Bentuklah suatu sistem sederhana seperti mengatur keseragaman informasi produk, dan alur kerja sehingga bisnis akan tetap berjalan meski tanpa Anda di dalamnya.

 

ika melihat para pebisnis sukses yang Anda idolakan, Anda yang berjiwa wirausaha pasti ingin juga mendirikan usaha sendiri dan mengembangkan bisnis Anda. Anda sebenarnya bisa memulai UKM dari sekarang. Dengan modal yang cukup, cobalah beranikan diri Anda untuk memulai. Jangan khawatir, kami akan membantu Anda merealisasikan mimpi Anda.

Pertama, mari kita mulai dari dasar. Berikut adalah pemahaman yang benar soal UKM!

Pengertian UKM

UKM adalah singkatan dari Usaha Kecil Menengah, merujuk pada jenis usaha kecil yang punya kekayaan bersih sebanyak-banyaknya maksimal 200.000.000 Rupiah. Angka itu tidak termasuk tanah atau bangunan (tempat usaha) yang dimiliki.

Berdasarkan Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998, definisi usaha kecil itu sendiri yaitu: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”

Cara Membangun dan Mengembangkan Bisnis UKM

Untuk membangun usaha sendiri memang tidak mudah, Anda bisa memulai dari membuat perencanaan yang matang. Seperti apa lengkapnya? Anda dapat menyimak beberapa langkah yang kami bagikan berikut ini!

Membuat Rencana Bisnis Anda

Tentunya dalam membuat rencana Anda perlu mengenali sendiri bisnis seperti apa yang akan Anda jalankan, mulai dari segmentasi pasar hingga mitra-mitra yang sudah terhubung. Mengapa ini menjadi penting? Karena Anda jadi bisa mengeksekusinya dengan mudah. Target-target dan gambaran yang tadinya luas itu sudah dipecah menjadi poin-poin sederhana. Poin-poin ini bisa menjadi acuan Anda. Semuanya sebenarnya bisa dipetakan kedalam Model Bisnis Canvas. Berikut adalah contohnya:

Bisnis Model Canvas Contoh dari Wiki

Untuk melihat lebih jelas setiap bagiannya silakan akses link Business Model Canvas dari Wikimedia.

Memperkerjakan Diri Sendiri Secara Maksimal/Rekrut Tim Kecil Berkualitas

Jika memang Anda belum bisa memperkerjakan orang lain, Anda bisa mulai dari dua pilihan yang ada. Pilihan pertama adalah memperkerjakan diri Anda sendiri secara maksimal dengan mengerahkan semua kemampuan Anda dalam berwirausaha. Pilihan keduanya adalah Anda merekrut tim yang bisa jadi itu saudara atau teman akrab Anda. Jujurlah pada mereka soal kondisi Anda, bahwa Anda belum bisa benar-benar memberikan apresiasi pada mereka berbentuk uang dalam jumlah banyak. Jika Anda beruntung, mereka akan memahami kondisi Anda dan tertarik untuk turut membangun bisnis bersama. Apa yang menjadi sangat penting terkait hal ini adalah integritas dan kesabaran Anda dalam memimpin sekaligus bekerjasama.

Menentukan SOP yang Efektif

Dalam mengerjakan hal-hal terkait profesi, selalu saja ada suatu standar kerja yang biasa dipakai. Mengapa standar semacam SOP perlu? Tentu saja agar bisa memungkinkan pekerjaan selesai dengan tepat waktu tanpa hambatan-hambatan yang tak perlu. Dengan keteraturan atau sistem ideal yang sudah ditetapkan, semua anggota tim Anda juga jadi bisa menyepakati dan mengerjakan pekerjaan dengan cepat sekaligus harmonis. Sebenarnya SOP ini juga bisa membantu Anda dalam mengontrol kualitas produk/layanan pada bisnis Anda.

Memanfaatkan Perkembangan Teknologi yang Ada

Saat ini, Anda sedang berada di era pesatnya perkembangan teknologi. Belajar secara otodidak bisa jadi pilihan baik untuk mengeksplorasi semua kecanggihan dan kemudahan yang bisa memajukan usaha Anda. Teknologi terbarukan semacam aplikasi ataupun penyimpaanan data dengan “cloud technology” tarifnya murah tapi bisa membuat badan usaha kecil bersaing ketat dengan korporat besar. Manfaatkanlah teknologi ini. Kami pun menawarkan cloud hosting yang aman, cepat dan andal. Ayo cari tahu seperti apa pentingnya punya web hosting bagi pengembangan bisnis Anda!

Mengeksekusi Rencana Anda

Nah, langkah terakhir tentunya adalah mengeksekusi apa yang sudah Anda rencanakan. Coba ikuti timeline atau batas waktu yang sudah ditetapkan. Tetaplah fokus pada tujuan Anda dan berhati-hati. Mengembangkan bisnis sendir memang kerap kali berisiko kena tipu-tipu dari mitra tak bertanggungjawab. Selektiflah, ikuti insting bisnis Anda dan banyak merendahkan hati untuk ambil petuah dari pebisnis-pebisnis yang sudah lebih lama menjalankan usaha mereka.

Tips Tambahan dalam Mengembangkan UKM

Untuk lebih baik lagi dalam mengembangkan usaha Anda, silakan menonton tayangan bagus Marketeers dari pakarnya berikut ini: