Strategi Penjualan di Ranah Psikologi Pelanggan


Strategi Penjualan di Ranah Psikologi Pelanggan, strategi penjualan yang tidak kalah penting untuk Anda praktikkan untuk meningkatkan penjualan usaha adalah memainkan ranah psikologis.

Ketika Anda mempengaruhi calon pelanggan dari segi psikologis mereka cara ini sangatlah efektif. Berikut beberapa strategi penjualan di ranah psikologis yang perlu Anda ketahui.

1. Pahami jenis pelanggannya

Para pakar pemasaran dan penjualan terkemuka mengidentifikasi para pelanggan menjadi tiga jenis. Ketiganya adalah tightwads, spendthrifts dan average spenders.

Pertama, untuk tipe pelanggan tightwads adalah tipe pelanggan yang cenderung menghemat uang mereka dan hanya memesan barang ketika langka.

Saat Anda menghadapi tipe pelanggan seperti ini, maka strategi penjualan yang harus dilakukan tegas dan tidak perlu basa-basi.

Tipe pelanggan yang kedua adalah spendthrifts dimana tipe adalah kebalikan dari tipe pertama. Bagi tipe kedua ini cenderung melihat uang sebagai sesuatu yang harus dibelanjakan.

Untuk menarik tipe pelanggan spendthrifts ini Anda bisa menggunakan iklan yang bersifat emosional. Kemudian untuk tipe pelanggan ketiga yakni average spenders adalah pelanggan terbanyak di masyarakat.

Strategi penjualan ini adalah dengan membuat strategi yang emosional untuk mendorong mereka memesan produk Anda.

2. Mampu memberikan solusi kepada pelanggan

Sebagai seorang pengusaha yang baik, dalam strategi penjualan tidak melulu hanya berorientasi pada keuntungan semata.

Lebih dari itu, Anda harus juga memikirkan apakah produk yang Anda jual dapat menjadi sebuah solusi dari masalah yang dihadapi pelanggan. Sebab, secara psikologis pelanggan ketika melakukan pembelian tentu memikirkan kegunaan dari barang tersebut.

Kemudian, Anda bisa menanyakan kepada pelanggan apakah produk tersebut cukup membantu dalam mengatasi masalahnya. Jika dirasa masih belum, ini adalah sebuah tantangan bagi Anda untuk menawarkan produk lain yang memiliki kegunaan seperti yang mereka inginkan.

Ingat, barang yang dijual berdasarkan kebutuhan dan seolah menjadi solusi bagi para pelanggan itulah yang paling banyak dicari.

3. Gunakan CTA menarik

Mempengaruhi sisi psikologis pelanggan tidak hanya dilakukan secara langsung, Anda pun bisa mempengaruhi calon pelanggan lewat toko online Anda. Strategi penjualan ini memang menjadi tren saat ini.

Salah satunya adalah dengan menggunakan blog untuk tujuan softselling. Dalam melakukan pemasaran dan penjualan lewat blog inilah dikenal dengan istilah call to action (CTA).

Strategi penjualan ini memang menjadi tren saat ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan blog untuk tujuan softselling. Dalam melakukan pemasaran dan penjualan lewat blog inilah dikenal dengan istilah call to action (CTA).

Fungsi dari CTA sendiri untuk menggiring para pembaca untuk memesan produk yang ditawarkan. Untuk itulah Anda perlu menggunakan CTA yang efektif semenarik mungkin.

Misalnya saja dengan menggunakan kalimat bernada persuasif yang singkat, jelas, dan memberikan instruksi yang mudah kepada calon pelanggan.

Contohnya adalah dengan kalimat seperti Kami dapat membantu memenuhi kebutuhan Anda. Klik Di Sini untuk melihat paket khusus’.

Lalu, agar semakin menarik Anda bisa menambahkan tanda tertentu untuk CTA ini. Misalnya saja dengan menggunakan metode backlink di tulisan tersebut.

Atau cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan memasang gambar yang unik seperti gambar keranjang untuk memudahkan pelanggan memilih produk yang ditawarkan.

4. Lakukan hal yang menyenangkan bagi khalayak

Strategi penjualan di ranah psikologis lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan usaha ialah dengan melakukan hal yang menyenangkan bagi khalayak.

Semisalnya brand Anda mengadakan sebuah acara tertentu di pusat perbelanjaan. Selain itu, Anda pun bisa menyelenggarakan acara lainnya semisalnya dengan menggalang dana untuk kegiatan sosial.

Cara seperti ini memang dirasa sangat efektif. Bahkan hasil survei dari Unbounce menyebutkan jika 64 persen perusahaan yang menggunakan cara tersebut berhasil.

Alasannya, perusahaan Anda semakin dikenal luas oleh khalayak, sehingga ketika Anda menawarkan produk akan semakin mudah dan ini akan berdampak pada tingkat penjualan dalam kurun waktu tertentu.

Itulah beberapa tips dan strategi penjualan terbaik yang bisa Anda terapkan dalam meningkatkan penjualan usaha yang Anda jalankan.

Jadi, Anda bisa menerapkannya mulai saat ini dan lakukan evaluasi dalam waktu tertentu untuk melihat apakah strategi tersebut dapat bekerja sesuai dengan target atau masih perlu perbaikan.

Selamat mencoba…

Previous Cara Merespon Keluhan Pelanggan dengan Baik
This is the most recent story.

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *